Cara Instal Windows 7

Cara Instal Windows 7

Mungkin anda mengira bahwa menginstal windows 7 adalah rumit sehingga anda tidak mau melakukannya. Padahal menginstal windows 7 tidak serumit yang anda bayangkan. Yang perlu anda siapkan adalah DVD instalasi atau USB serta Product Key. Cara instal windows 7 adalah sebagai berikut:

1. Masukkan DVD instalasi Windows 7  ke dalam optical drive, atau colokkan USB Flash Disk Windows 7 ke komputer lalu restart komputer.
2. Ketika komputer booting dan sebelum masuk ke Windows, tekan tombol F12 atau tombol yang sesuai dengan komputer anda untuk mengakses Boot Menu, gunakan arrow key untuk memilih booting dengan media yang anda gunakan, apakah DVD atau USB.
3. Ketika muncul pesan “Press any key to boot from CD / DVD”, maka tekan salah satu tombol keyboard untuk konfirmasi bahwa anda mau booting dari DVD.

4. Selanjutnya Windows akan melakukan loading file- file untuk persiapan instalasi.

5. Setelah Windows selesai loading file- file untuk instalasi, maka Windows akan start.

6. Selanjutnya akan muncul menu pilihan bahasa, time dan currency, serta keyboard input. Sebaiknya anda pilih defaultnya saja dan klik “Next”.

7. Pada menu instal Windows 7, klik “Install Now”

8. Selanjutnya proses instalasi Windows 7 akan mulai.

9. Selanjutnya akan muncul Microsoft Software License Term, tandai “I accept the license term” lalu klik “Next”.

10. Selanjutnya akan muncul opsi untuk memilih apakah anda ingin melakukan upgrade atau custom install. Upgrade adalah proses instalsi Windows 7 dari versi sebelumnya, apakah Windows XP atau Vista. Dengan melakukan upgrade, maka file- file anda dalam versi Windows sebelumnya akan tergabung dalam Windows 7. Tapi kalau anda pilih Custom Install, maka berarti anda akan melakukan instalasi Windows 7 yang baru atau fresh, dan file- file anda tidak akan tergabung dalam Windows 7 yang baru.

11. Selanjutnya akan muncul opsi untuk memilih partisi untuk instalasi Windows 7. Di sini anda bisa pilih jika mau mau dual boot atau memilih instal Windows 7 pada partisi yang ditempati Windows sebelumnya. Jika anda mau melakukan format atau delete partisi sebelum instal Windows 7, maka anda bisa klik Drive Options(Advanced). Tapi jika anda tidak mau menghapus file- file dalam Windows sebelumnya, maka langsung saja klik “Next”, dan file- file Windows anda akan tersimpan dalam folder Windows.old.

12. Setelah tentukan partisi, maka Windows akan mulai melakukan instalasi, dan tahap ini akan membutuh waktu yang agak lama.

13. Setelah proses di atas selesai, maka Windows akan melakukan restart.

14. Setelah restart, maka anda akan diminta untuk memberi nama komputer anda, dan klik “Next”.

15. Memberi password jika anda mau, lalu klik “Next”.

16. Masukkan Product Key, yaitu key untuk aktivasi Windows 7.

17. Selanjutnya anda akan diminta untuk memilih opsi updates, kemudian memilih zona waktu, dan network anda. Kemudian Windows akan melakukan Finalizing untuk mempersiapkan Desktop anda.

Demikianlah langkah- langkah dalam prose instalsi Windows 7. Selamat mencoba.

2 Comments (+add yours?)

  1. Denice Eitniear
    Aug 15, 2016 @ 08:55:23

    Hii.. salam kenal, artikelposting nya hebat, sangat inspiratif sekali dan memberi aku bersemangat untuk terus menulis post update blog. semog ilmunya bermanfaat bagi se-mua masarakat. terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

<

%d bloggers like this: