Purworejo

7 Kuliner Unik di Purworejo

Sobat pecinta kuliner sekalian, pernahkah Anda mendengar sebuah kota yang bernama Purworejo? Ialah salah satu kota di Jawa Tengah yang terkenal dengan brand-nya “Purworejo Berirama”. Sekilas bila menyebut kota Purworejo, mungkin Anda akan membayangkan kambing etawa, durian, atau buah manggis. Yup, tidak salah lagi, Purworejo memang terkenal dengan tiga komoditas itu. Bahkan ketika jalan-jalan di sana pengunjung bisa menyaksikan beberapa patung yang melambangkan ikon komoditas Purworejo tersebut di beberapa titik jalan.

Namun tahukah Anda kalau ternyata kota yang bertetangga dekat dengan Magelang, Kebumen dan Wonosobo itu juga memiliki beberapa panganan khas yang siap memanjakan lidah Anda? Yup, bagi Anda khususnya para pecinta kuliner, nampaknya info ini bisa cukup bermanfaat. Istimewanya Purworejo memiliki banyak keunikan wisata kuliner khas daerah yang selalu bikin penasaran para wisatawan ataupun pengunjung yang sekedar lewat. Setelah puas jalan-jalan di kota Purworejo, berikut beberapa wisata kuliner khas Purworejo yang berhasil saya rangkum secara sederhana:

1. Dawet Ireng/dawet hitam

Mungkin sebagian diantara Anda tidak asing dengan minuman unik yang satu ini. Sejenis cendol berwarna hitam yang biasanya disajikan dingin bersama ketan hitam, juruh, dan tape dengan mangkuk kecil. Yang paling terkenal ialah dawet hitam dekat jembatan Butuh. Namun kini dawet hitam sudah menyebar di berbagai kota. Yang pasti rasanya manis, maknyos, dan bakalan bikin ketagihan.

2. Geblek


Sejenis makanan goreng yang bentuknya bulat kecil mirip gelang atau setengah angka 8. Tidak heran kalau masyarakat sana sering menyebut panganan itu dengan nama gelangan. Makanan yang terbuat dari tepung singkong itu rasanya sangat gurih. Lebih nikmat kalau disantap saat masih hangat atau baru saja digoreng. Kalau Anda jalan-jalan ke kota Purworejo, Anda bisa mendapati para penjual panganan geblek yang ada di seputar pasar Baledono, dekat alun-alun Purworejo, ataupun dekat pasar Jenar. Dan masih banyak lagi lokasi dimana Anda bisa mendapatkan panganan geblek tersebut di Purworejo. Uniknya banyak wisatawan yang suka menikmati geblek dengan campuran saus ataupun sambal kacang. Perlu dicoba nih sobat!
3. Krimpying/Lanting

Panganan khas yang satu ini masih sejenis gorengan yang berbahan dasar singkong dan warnanya krem. Bentuknya bulat-bulat berlubang tengah seperti geblek. Namun kalau krimpying lebih keras dan kremes-kremes. Kalau yang agak kecil bentuknya mirip cincin biasanya disebut dengan nama lanting. Panganan khas Purworejo yang satu ini termasuk jenis panganan yang tahan lama. Jadi bisa dibawa buat oleh-oleh.

4. Kue Lompong

Ialah kue basah manis dengan bulir kacang di dalamnya.Yang bikin unik panganan yang satu ini karena dibungkus menggunakan daun pisang kering yang sering disebut klaras. Konon warna hitam pada kue lompong ini berasal dari tanaman lompong. Tepatnya dari batang lompong yang dilumatkan dan dicampur pada adonan kue. Uniknya lagi pada setiap gigitan kue lompong ada suatu rasa sangat khas yang terasa di lidah kita. Itulah rasa klaras yang menjadi pembungkusnya. Benar-benar unik dan patut Anda coba sobat.

5. Clorot

Dari namanya saja sudah unik dan menggelitik ya. Panganan khas Purworejo yang satu ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dimasak dalam pilinan daun kelapa yang masih muda (janur kuning). Bentuknya seperti terompet kecil yang dibalut janur kuning, rasanya manis hampir seperti wajik atau dodol.

6. Rengginang


Panganan khas Purworejo yang satu ini termasuk jenis panganan gorengan yang terbuat dari ketan yang dimasak. Bentuknya bulat unik dan agak gepeng. Rasanya kriuk-kriuk dan pastinya cukup menggoda selera Anda para pecinta kuliner. Hehehe…

7. Cenil

Panganan khas Purworejo yang satu ini dibuat dari pati ketela pohon (tepung kanji). Bentuknya bulat-bulat kecil seperti kelerang. Biasanya ada warna-warni dan bertabur dengan parutan kelapa yang manis. Saat dimakan akan terasa manis dan kenyal. Biasanya dibungkus dengan daun pisang. Panganan ini bisa dijumpai di pasar-pasar tradisional Purworejo.

Demikianlah hasil reportase sederhana uniknya kuliner khas Purworejo yang dapat saya share. Sebenarnya selain ketujuh panganan yang telah saya tuliskan di sini masih banyak kuliner khas Purworejo lainnya yang tidak kalah menarik. Bagi Anda sobat-sobat sekalian para pecinta kuliner, kalau masih penasaran silahkan boleh dicoba datang langsung ke Purworejo. Tapi ingat, dimakannya sehabis waktu berbuka puasa tiba.

http://wisata.kompasiana.com/kuliner/2012/07/27/7-kuliner-unik-di-purworejo/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

<

%d bloggers like this: